Nasional

Presiden Jokowi Resmi Bergelar Datuk Seri Setia Amanah Negara

PEKANBARU - Sesuai jadwal, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima gelar adat Datu Seri Setia Amanah Negara dari Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau hari ini, Sabtu 15 Desember 2018.

Gelar tersebut merupakan wujud penghargaan masyarakat adat atas jasa Jokowi.

Seperti dipaparkan Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian LAM Riau, Datuk Seri Syahril Abubakar. Jokowi dinilai berhasil menangani kebakaran hutan dan lahan yang menghantui Riau selama hampir 17 tahun.

"Setelah Pak Presiden mengambil kebijakan untuk memperintahkan semua pihak menanggulangi kebakaran lahan dan hutan, sampai saat ini sudah tiga tahun asap sudah tidak datang lagi ke negeri kami," ujarnya di Balai LAM Riau, Pekanbaru, Sabtu, 15 Desember 2018.

Jokowi juga dianggap berjasa karena memberikan peluang bagi masyarakat adat Melayu Riau untuk mengurus kepemilikan bersama atas tanah adatnya dengan meneken Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2018 tentang Tanah Objek Reforma Agraria. Menurut Syahril, pihaknya telah berupaya selama 20 tahun untuk mendapatkan hak kelola.

LAM Riau juga mengapresiasi kebijakan pemerintah terkait tata kelola kepala sawit melalui Instruksi Presiden Nomor 8 Tahun 2018 tentang penundaan dan evaluasi perizinan perkebunan kepala sawit dan peningkatan produktivitas kelapa sawit. Syahril mengatakan kebijakan ini membuka peluang bagi masyarakat adat untuk turut mengelola kekayaan alam di daerahnya.

Landasan lain pemberian gelar adat kepada Jokowi adalah penyerahan pengelolaan Blok Rokan sepenuhnya kepada Pertamina. Dalam alih kelola dari Chevron itu, pemerintah Riau memperoleh 10 persen participating interest. Masyarakat adat Melayu juga berpotensi mendapat royalti dari proyek tersebut.

Presiden Jokowi juga dianggap berjasa lantaran membangun sejumlah proyek infrastruktur. Selain jalan tol, pemerintah membangun pembangkit listrik.

Mendapat gelar tersebut, Presiden Joko Widodo mengaku senang dan tersanjung.

"Saya mengucapkan teirma kasih yang sebesar-besarnya atas penghormatan besar yang telah diberikan LAM Riau atas gelar Datuk Seri Setia Amanah yang diberikan kepada saya," kata dia usai menerima penghargaan.

Pemberian penghargaan digelar di Balai LAM Riau. Sejumlah rangkaian upacara adat dilalui Jokowi. Dia disambut bunyi-bunyian Kompang dan silat sambut.

Setelahnya, Jokowi yang sudah mengenakan pakaian adat lengkap diberikan alat kelengkapan seperti warkah penabalan, tanjak, selempang, dan keris. Upacara dilanjutkan dengan tepuk tepung tawar. Sembilan orang yang dipilih satu per satu menabut tepung tawar kepada Jokowi.(roci)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan